Langkah Langkah Ngeblog

35 comments

Kenapa saya suka NGEBLOG ?




Saat saya nulis postingan ini, saya baru banget ngeblog... ya kurang lebih 2-3 bulanan lah.


Yaa awalnya sih iseng-iseng doang. Tapi lama-lama setelah ngeliat senior Blogger pada ngehasilin uang dari Blog, saya akhirnya mau seriusin di dunia Blog ini. Saat saya menulis Postingan ini, alhamdulillah saya sudah mendapatkan uang yang cukup untuk saya ....

Kenapa saya nulis postingan ini? Karena banyak temen saya yg nanya ini ...
" Pal, kok lu suka ngeblog sih ? "
" Lu ngapain ngeblog? emang dapet duit ? "

Yaa kurang lebih begitu lah kira-kira.

Kenapa Saya suka ngeblog? Karena blog itu banyak manfaatnya. Yaitu :


1. Menghasilkan uang

Ngeblog bisa menghasilkan uang? Gimana caranya? Banyak kok caranya, bisa dilihat disini > 10 cara menghasilkan uang dari BLOG

2. Menambah Pengalaman dan Teman

Jika anda sudah mulai ngeblog, pastikan anda masuk ke grup Blogger, kalau saya masuknya ke Grup BLOGGER Facebook. Disana ada istilah "BW" alias Blogwalking. Dengan liat gambar dibawah pasti kalian udah ngerti apa itu BW






Sebenernya masih banyak lagi sih manfaatnya, tapi menurut saya yg paling penting itu 2 itu.


" Saya mau ngeblog nih, tapi mulai dari mana ? "



Sebenernya gampang sih mulai ngeblog itu, tapi rata-rata blogger yg baru mulai itu dibuat pusing oleh design blognya sendiri.

1. Tentukan Tujuan

Tanpa tujuan, blog kita pasti akan terbengkalai. Maka dari itu, sebelum memulai ngeblog, kalian harus menentukan Tujuan kalian ngeblog.

Ngeblog itu gak gampang loh, butuh tenaga, uang, pikiran. Jangan semuanya jadi kebuang sia-sia karena Tujuan yang gak jelas

2. Tentukan Tema/Topik Blog kalian

Pilih topik yang sesuai dengan Hobi/kemampuan kalian. Jangan sampe kalian sukanya nonton Anime, tapi isi blog kalian tentang Sinetron, kan Ngaco!.

3. Pilih layanan ngeblog

Dari sekian layanan blogging seperti Wordpress,tumblr,Blogger. Tapi menurut saya Blogger.com is the best karena mudah dipakai dan GRATIS !

4. Mulai NGEBLOG

Nah, setelah melewati 3 tahap diatas, kalian bisa nulis postingan deh... Pastikan postingan yang kalian tulis itu MURNI ketikan kalian sendiri, jangan COPAS loh yaa !!, karena Copas itu ga baik, kalau yang dicopas ga terima, bisa dituntut loh ! .

5. Memperindah Blog

Kalau tujuan kalian ngeblog hanya untuk mencurahkan isi hati dengan tulisan, sebaiknya jangan terlalu memperhatikan langkah ini, karena GAK TERLALU GUNA.

Bagi yang mau seriusin Blognya, kalian bisa memperindah Blog kalian dengan memasang template/widget. Untuk template sendiri, kalian bisa mencarinya di internet atau kalau kalian jago CODING, kalian bisa membuatnya sendiri :v


" Apa yang gak boleh dilakukan saat ngeblog "

Bagi seorang pemula, pasti gak luput dari kesalahan. Saya pun pernah mengalami hal seperti yang dibawah ini.

1. Terlalu sibuk ngedesign blog 

" Lah kan tadi lu bilang kalau memperindah Blog itu penting ", iya penting, tapi kalo keseringan ganti mah Bagus kagak Alay iya. Untuk seorang pemula, pakai Template yang biasa aja dulu, karena visitor rata-rata menilai blog dari isi konten nya bukan dari Design blognya.

2. Terlalu mementingkan Kuantitas daripada Kualitas

Seperti yang udah saya bilang tadi " visitor rata-rata menilai blog dari isi konten nya " . Ya, betul. Percuma kalau blog kalian postingannya banyak tapi kualitasnya 0. Ya tapi tidak apa sih asal itu hasil tulisan sendiri bukan hasil dari copas

3. Terlalu terobsesi dengan statistik Blog

Banyak blogger newbie yang selalu ngecek Stastik pagenya, bahkan sampe ribuan kali perhari, itu tuh  KAGAK NGARUH,  daripada ngecek stastik mulu, mending bikin Postingan dah.

4. Terlalu berambisi untuk mendapatkan uang dengan cepat

Ngehasilin uang dari BLOG itu butuh waktu dan proses. Masa baru mulai Ngeblog malah langsung pengen dapet uang. Tunggu waktu aja, yang penting kalian harus konsisten dalam Ngeblog, jangan bosen dikit udahan.



Sebenernya masih banyak lagi sih, seperti SEO,dll. Tapi saya rasa segini aja udah cukup untuk memulai NGEBLOG.

Kalau ada pertanyaan bisa hubungi saya di facebook, klik aja icon Facebook di kanan atas.


Feel Free To Comment, Thanks ^^

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

35 comments

  1. semangat ngeblog gan, saran yang bagus

    ReplyDelete
  2. setidaknya biar para blogger termotivasi..
    nice info

    ReplyDelete
  3. Saya juga baru gan. Baru nyoba serius buat ngeblog... hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, kalo ga serius nanti kedepannya bakal ribet :D

      Delete
  4. tetap bersemangat...jadikan blog sebagai hobby..

    ReplyDelete
  5. Bagus gan bisa jadi referensi nih, thanks infonya

    ReplyDelete
  6. Saya newbi gan...mamasih infonya..mampir ya ceritaceritakeren.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Saya newbi gan...mamasih infonya..mampir ya ceritaceritakeren.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. artikelnya keren gan,,jadi ngerti.ilmunya ngeblog..

    ReplyDelete
  9. siph gan tips yang sangat bagus ..... .

    ReplyDelete
  10. mantep banget salam blogger indonesia hehe :D

    ReplyDelete
  11. justru lebih bagus jika dijadikan hobby, jadi ada manis-manisnya gitu wkwkwk :D

    ReplyDelete
  12. wah ini nih yang gua cari
    Makasih untuk artikelnya sob

    ReplyDelete
  13. Cemungut alhamdulillah blog sudah ada 3 bulan.. semoga rame...
    trims infonya

    ReplyDelete
  14. sama gan ane suka blog karena dapetin uang,nambah temen,nambah pengalaman ,, nice info lah

    ReplyDelete
  15. Kalo ane sih ,hobi aja dari SMP tapi alhamdulillah duit dari adfly masih ngalir :D

    ReplyDelete
  16. semuanya bener gan. terima kasih infonya

    ReplyDelete
  17. tips langkah nge blognya mantap gan,, sangat membantu

    ReplyDelete
  18. mantap gan, memberi pencerahan apalagi yang masih newbie (seperti ane)

    ReplyDelete
  19. info yang sangat menarik sob khusus nya untuk saya sebagai pemula ngeblog , sukses terus gan hehe

    ReplyDelete
  20. mantab gannnngannnn thanks infonya

    ReplyDelete
  21. Bagus gan artikel nya bisa membantu para newbie seperti saya...

    ReplyDelete
  22. cocok banget nih buat saya yang baru buat blog kemaren :)

    ReplyDelete
  23. kendala yang membuat ane males ngeblog msh kurang mengusai bahasa indonesia..heduhhh ribet bngt yang mau buat kalimatnya.nice infonya gan..

    ReplyDelete
  24. nah itu, kebiasaan buruknya adalah keseringan melihat hasil statistik. padahal waktunya bisa digunakan untuk hal lainnya. misal buat postingan baru, analisa blog, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  25. bettul bettul mas.. pelajaran yang beharga buat blogger pemula,, kayak aku juga nih mas..

    ReplyDelete
  26. Nasihat yang amat berguna bagi ane yang masih newbie gan dalam dunia blogging. Setuju dengan argumen-argumen diatas

    ReplyDelete